Cara Cepat Fisika SMA dan SMP

Gerak Lurus Beraturan (GLB)

Cara Pintar Cepat Pintar Fisika - Suatu benda dikatakan melakukan Gerak Lurus Beraturan (GLB) jika benda menempuh lintasan lurus dan dalam selang waktu yang sama menempuh lintasan yang sama, atau dengan kata lain memiliki kecepatan yang selalu konstan. Kecepatan konstan artinya besar kecepatan atau kelajuan dan arah kecepatan selalu tetap

Karena kecepatan yang selalu tetap, berarti benda yang melakukan Gerak Lurus Beraturan (GLB) tidak pernah memiliki kecepatan nol atau tidak pernah diam (TIDAK PERNAH BERHENTI).
Dalam kehidupan sehari-hari,  jarang ditemui contoh benda yang benar-benar bergerak lurus dengan kecepatan tetap, tetapi cahaya matahari ketika melewati daerah ruang hampa adalah contoh nyata Gerak Lurus Beraturan. Gerak lurus kereta api dan gerak mobil di jalan tol yang bergerak secara stabil BISA DIANGGAP sebagai contoh gerak lurus beraturan dalam keseharian.
Pada Gerak Lurus Beraturan (GLB), berlaku persamaan :\[S = v . t\] dengan
    contoh-glb Gerak Lurus Beraturan (GLB) v = kecepatan (m/s)
    S = perpindahan (m)
    t = waktu yang diperlukan (s)

Grafik Gerak Lurus Beraturan (GLB)

Grafik Gerak Lurus Beraturan (GLB) terdiri dari grafik kecepatan terhadap waktu dan grafik jarak terhadap waktu.
Grafik Gerak Lurus Beraturan (GLB)
grafik v-vs-t dan grafik s-vs-t benda GLB

1. Grafik Kecepatan terhadap waktu:
    Jarak tempuh benda: berdasarkan grafik kecepatan terhadap waktu, Jarak tempuh benda adalah luas di bawah grafik (luas yang diarsir)
2. Grafik Jarak terhadap waktu
    Kecepatan gerak benda: berdasarkan grafik jarak terhadap waktu, Kecepatan gerak benda adalah gradien atau kemiringan grafik \[\small v=\frac{\Delta s}{\Delta t}=\tan \alpha\]

Terimakasih telah mempelajari:" Gerak Lurus Beraturan (GLB) " Silahkan Pelajari Artikel kami berikutnya.....