KONSEP DASAR GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN (GLBB)

Soal Dan Penyelesaian Fisika SMA - Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)  adalah gerak lurus suatu benda, di mana kecepatannya berubah terhadap waktu akibat adanya percepatan yang tetap.

Jadi, gerak lurus berubah beraturan adalah gerak benda dengan lintasan garis lurus dan memiliki kecepatan setiap saat berubah dengan teratur.

Pada gerak lurus berubah beraturan gerak benda dapat mengalami percepatan atau perlambatan. 

Gerak benda yang mengalami percepatan disebut gerak lurus berubah beraturan dipercepat, sedangkan gerak yang mengalami perlambatan disebut gerak lurus berubah beraturan diperlambat. 
GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN (GLBB)Skema benda ber-GLBB
Sebuah benda yang bergerak dengan kecepatan awal $V_{o}$ memiliki percepatan tetap $a$ akan menempuh lintasan sejauh $X$ setelah waktu $t$ detik. 

Secara matematika dapat dituliskan dalam bentuk persamaan untuk GLBB adalah sebagai berikut: \[V_{t}=V_{o}+a.t\]\[X=V_{o}.t+ \frac{1}{2}.a.t^{2}\]\[V_{t}^{2}=V_{o}^{2}+2.a.X\]Grafik kecepatan terhadap waktunya adalah seperti gambar di bawah ini.
GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN (GLBB)
Untuk benda bergerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB), jarak tempuh benda adalah: LUAS di bawah grafik. \[\mathrm{X= luas \;grafik\; V-vs-t}\]
Grafik Jarak terhadap waktu, benda ber GLBB Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)
\[V=\frac{dX}{dt}\] keterangan : a>0 dipercepat; a<0 diperlambat.
Grafik Percepatan terhadap waktu, benda ber GLBBKONSEP DASAR GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN (GLBB)
keterangan : a>0 dipercepat; a<0 diperlambat.