Cara Cepat Fisika SMA dan SMP

MOMEN KOPEL - ANTARA CINTA DAN FISIKA

MOMEN KOPEL - ANTARA CINTA DAN FISIKA

A. Kopel

Sejumlah gaya yang bekerja pada suatu benda bisa berubah menjadi dua buah gaya yang sama besar, tetapi arahnya berlawanan, serta memiliki garis kerja yang sejajar dan tidak saling berimpit. Pasangan gaya seperti itu disebut kopel, misalnya gaya yang bekerja pada jarum kompas dalam pengaruh medan magnet bumi

Kopel menyebabkan benda berputar (gerak rotasi) pada benda, tetapi tidak menyebabkan gerak translasi.

B. Momen Kopel

Momen kopel dilambangkan M dan didefinisikan sebagai hasil perkalian antara gaya dengan jarak kedua gaya yang bekerja pada sebuah benda. Secara matematis, dirumuskan sebagai berikut.
$\displaystyle \small M=Fxd$
Keterangan:
M = momen kopel (N.m);
F = besar salah satu gaya (N); dan
d = jarak tegak lurus atau lengan momen antara dua gaya (m).

C. Apa hubungannya dengan cinta?

Momen Kopel, namanya saja sudah sedikit menyenggol tentang percintaan kan? (Couple = pasangan alias sejoli). Menarik kan? Ini dia keterkaitan antara keduanya yang berasal dari pengertian momen kopel:
  1. Dua buah gaya itu artinya, memang untuk kata sejoli atau pasangan membutuhkan 2 orang yang berbeda kelamin dan saling mencintai. 
  2. Sama besar, berarti tidak ada yang dominan maupun yang resesif. Semuanya sama, mereka berdua memiliki hak yang sama dalam menentukan segala sesuatunya untuk kebaikan mereka berdua. Dengan kata lain, mereka berdua memiliki kedudukan yang sama.
  3. Sejajar berarti, selalu berjajaran dan sejalan, tidak pernah berpotongan untuk saling menyakiti
  4. Berlawanan arah, berarti antara 2 orang tersebut memiliki kepribadian yang berbeda. Namun dengan perbedaan itulah, hubungan antar keduanya menjadi lebih erat. Dengan perbedaan itu, membuat suasana percintaan antara mereka menjadi netral (0). Tidak terlalu menggebu (+) untuk saling memberikan cinta dan tidak pula terlalu acuh (-) antar keduanya. Karena jika terlalu menggebu, maka cinta tersebut akan mudah habis dan akhirnya menghilang. Sedangkan jika mereka berdua saling acuh, maka akan timbul kebosanan antara keduanya, karena acuh berarti tidak ada cinta antara mereka berdua.
  5. Terletak pada garis kerja yang sama, itu berarti bahwa pasangan tersebut memang telah ditakdirkan untuk hidup bersama dalam satu ikatan, yaitu cinta. 
Anda setuju?...

Terimakasih telah mempelajari:" MOMEN KOPEL - ANTARA CINTA DAN FISIKA " Silahkan Pelajari Artikel kami berikutnya.....