CHARGER HANDPHONE TANPA KABEL DENGAN TEKNOLOGI CHARGER WIRELESS

Soal dan Penyelesaian Fisika SMA - Teknologi yang semakin canggih membuat banyak perusahaan menciptakan beragam produk teknologi yang semakin memudahkan manusia, salah satu yang saat ini sedang berkembang adalah Teknologi Charger Wireless. Pengisian daya bisa dilakukan tanpa perlu menyambungkan sumber dengan menggunakan kabel.
CHARGER HANDPHONE TANPA KABEL DENGAN TEKNOLOGI CHARGER WIRELESS

Teknologi Charger Wireless

Teknologi dari Charger Wireless merupakan suatu teknologi tentang pengisian daya baterai tanpa kabel. Saat ini mulai bermunculan produk yang memiliki fasilitas teknologi seperti ini seperti Samsung, Lumia, Apple, dan masih banyak yang lainnya. Perusahaan besar tersebut sudah mulai mengembangkan namun memang masih beberapa jenis produk saja yang menggunakan teknologi ini.

Teknologi Charger Wireless sebenarnya masih menggunakan kabel, namun kabel ini tidak terhubung langsung dengan smartphone namun kabel ini digunakan untuk bantalan. Bantalan energy ini adalah yang akan menginduksi energy ke smartphone. 

Teknologi ini memang cukup mudah untuk digunakan karena untuk mengisi daya, anda hanya perlu meletakkan smartphone anda di atas bantalan. Daya akan terisi dengan baik meskipun tidak menghubungkan smartphone dengan menggunakan kabel.

Cara Kerja Wireless Carger

Wireless charger segera menarik perhatian karena memungkinkan Anda untuk mengisi daya smartphone Anda lansung tanpa mencolok ke kabel. Hanya dengan menempatkan smartphone pada charger nirkabel, pengisian daya segera dimulai. Tentu saja, wireless charger sendiri masih harus dipasang ke colokan dinding.

Wireless carger lebih tepat disebut sebagai "pengisian induktif" karena menggunakan induksi magnetik. Penjelasan singkat adalah perangkat ini menggunakan magnet untuk mengirimkan energi.

Arus yang berasal dari stop kontak dinding bergerak melalui kawat dalam charger nirkabel, menciptakan medan magnet. Medan magnet menciptakan arus listrik dalam kumparan di dalam perangkat elektronik. 

Kumparan ini terhubung ke baterai dan arus listrik mengisi baterai. Perangkat harus memiliki hardware yang sesuai untuk mendukung pengisian nirkabel - perangkat tanpa kumparan yang tepat tidak dapat diisi secara nirkabel.

Standard

Standar ini harus dirancang untuk memastikan bahwa perangkat dan pengisi daya nirkabel dari perusahaan yang berbeda dapat bekerja sama. Ada tiga standar: Qi, PMA (Power Matter Alliance) Powermat, dan A4WP (Alliance for Wireless Power). 

Sementara perangkat saat ini banyak yang menggunakan standar Qi, namun sepertinya standar PMA mungkin menjadi yang paling populer di masa depan - yang berarti perangkat saat ini mungkin tidak kompatibel dengan pengisi wireless charger di masa depan. Ada juga kemungkinan bahwa standar lain dapat mengambil alih.

Bagaimana Menggunakan Wireless Charger?

Untuk menggunakan wireless charger dengan smartphone, Anda akan membutuhkan smartphone yang mendukung wireless charger dan pad wireless charger.

Smartphone populer yang mendukung wireless charger termasuk diantaranya:
Google Nexus 4, Samsung Galaxy S4, Galaxy S4. HTC Droid DNA,  Nokia Lumia 920 dan Lumia 820. iPhone Apple 5.

Semua smartphone di atas menggunakan standar Qi, kecuali Apple iPhone 5 yang dibuat oleh Powermat, yang menggunakan standar Powermat sendiri.