CONTOH SOAL PENYELESAIAN MOMEN KOPEL - ANTARA CINTA DAN FISIKA

A. Kopel

Kopel adalah sejumlah gaya yang bekerja pada suatu benda bisa berubah menjadi dua buah gaya yang sama besar, tetapi arahnya berlawanan, serta memiliki garis kerja yang sejajar dan tidak saling berimpit. Misalnya gaya yang bekerja pada jarum kompas dalam pengaruh medan magnet bumi
Kopel menyebabkan benda berputar (gerak rotasi) pada benda, tetapi tidak menyebabkan gerak translasi.

B. Momen Kopel

SOAL PENYELESAIAN MOMEN KOPEL - ANTARA CINTA DAN FISIKA
Momen kopel  adalah hasil perkalian antara gaya dengan jarak kedua gaya yang bekerja pada sebuah benda. Momen kopel dilambangkan M dan secara matematis, dirumuskan sebagai berikut. \[M=Fxd\]Keterangan:
M = momen kopel (N.m);
F = besar salah satu gaya (N); dan
d = jarak tegak lurus atau lengan momen antara dua gaya (m).


C. PENERAPAN MOMEN KOPEL DALAM KEHIDUPAN

I. Penerapan Momen Kopel :
  • Prinsip kerja generator
  • Membuka dan menutup keran
  • Membuka tutup botol
  • Stir mobil
  • Pemutar tutup bolpoin
  • Memutar lensa kamera
II. Contoh penerapan momen gaya :
  • Membuka pintu
  • Memasang baut
  • Menimba air dengan katrol
  • Main yo-yo
  • Membuka kipas angin
  • Jungkat-jungkit
D. SOAL PENYELESAIAN MOMEN KOPEL

Soal No. 1. Dengan gaya kopel 120 N digunakan memutar sebuah tangkai tap ke kanan, bila panjang tangkai tap 2 m, maka besarnya momen kopel adalah … 
Penyelesaian Fisika: 
\[\begin{align*} M &= F . d \\M &= 120 (2)\\M&= 240 N.m \end{align*}\]
Soal No. 2. Sebuah batang homogen memiliki panjang 5 m. Tiap ujung batang dikenakan gaya F = 120 N. Maka besar momen kopel gaya pada batang adalah… 
A. 600 N.m 
B. 800 N.m 
C. 1200 N.m 
D. 1400 N.m 
E. 1600 N.m 
Penyelesaian Fisika:\[\begin{align*} M &= F . d \\M& = 120 N . 5 m \\M&= 600 N.m\end{align*}\]
Soal No. 3. Kumparan bentuk segiempat dengan panjang 12 cm dan lebar 10 cm terdiri atas 40 lilitan dan dilalui arus 2 A. Kumparan berada dalam medan magnet 0,25 T.
SOAL PENYELESAIAN MOMEN KOPEL - ANTARA CINTA DAN FISIKA
Tentukan Besar torsi yang dialami kumparan!
Penyelesaian Fisika:
Arah B horisontal ke kanan dan arah normal bidang kumparan n adalah ke luar bidang kertas. Dengan demikian sudut antara B dan n, θ = 90$^0$. Torsi atau momen kopel, M yang dialami kumparan segiempat abcd dihitung dengan persamaan: \[\begin{align*} M &= NiBA \sin \theta \\ M&= 40 \times 2 \times 0,25 \times 120 \times 10^{-4} \sin 90^o\\ M &= 0,24\: \: Nm\end{align*}\]

E. Apa hubungannya dengan cinta?

Momen Kopel, namanya saja sudah sedikit menyenggol tentang percintaan kan? (Couple = pasangan alias sejoli). Menarik kan? Ini dia keterkaitan antara keduanya yang berasal dari pengertian momen kopel:
  1. Dua buah gaya itu artinya, memang untuk kata sejoli atau pasangan membutuhkan 2 orang yang berbeda kelamin dan saling mencintai. 

  2. Sama besar, berarti tidak ada yang dominan maupun yang resesif. Semuanya sama, mereka berdua memiliki hak yang sama dalam menentukan segala sesuatunya untuk kebaikan mereka berdua. Dengan kata lain, mereka berdua memiliki kedudukan yang sama.

  3. Sejajar berarti, selalu berjajaran dan sejalan, tidak pernah berpotongan untuk saling menyakiti

  4. Berlawanan arah, berarti antara 2 orang tersebut memiliki kepribadian yang berbeda. Namun dengan perbedaan itulah, hubungan antar keduanya menjadi lebih erat. Dengan perbedaan itu, membuat suasana percintaan antara mereka menjadi netral (0). Tidak terlalu menggebu (+) untuk saling memberikan cinta dan tidak pula terlalu acuh (-) antar keduanya. Karena jika terlalu menggebu, maka cinta tersebut akan mudah habis dan akhirnya menghilang. Sedangkan jika mereka berdua saling acuh, maka akan timbul kebosanan antara keduanya, karena acuh berarti tidak ada cinta antara mereka berdua.

  5. Terletak pada garis kerja yang sama, itu berarti bahwa pasangan tersebut memang telah ditakdirkan untuk hidup bersama dalam satu ikatan, yaitu cinta.