Cara Cepat Fisika SMA dan SMP

LISTRIK STATIS: GAYA LISTRIK (GAYA COULOMB)

MUATAN LISTRIK.
Salah satu sifat muatan listrik adalah adanya dua macam muatan yang menurut konvensi disebut muatan positif dan negatif. Interaksi antara muatan-muatan dapat dinyatakan sebagai berikut :" Dua muatan yang sejenis saling tolak menolak; sedangkan dua muatan yang tidak sejenis saling tarik menarik ".

Pengamatan lain yaitu : benda yang bermuatan listrik; muatannya tersebar pada permukaan luar dari benda dan menyebarnya muatan listrik pada permukaan luar benda tidak sama rata. Pada permukaan yang runcing makin rapat muatannya.

GAYA LISTRIK (GAYA COULOMB)
Bila dua buah muatan listrik dengan harga Q1 dan Q2, saling didekatkan, dengan jarak pisah R, maka keduanya akan saling tarik-menarik atau tolak-menolak menurut hukum Coulomb adalah: "Berbanding lurus dengan besar muatan-muatannya dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua muatan". Gaya listrik termasuk besaran vektor.

LISTRIK STATIS: GAYA LISTRIK (GAYA COULOMB)Gaya tarik-menarik atau gaya tolak menilak dua muatan dirumuskan sebagai:\[F=k\frac{Q_{1}.Q_{2}}R^{2}\]Konstanta pembanding ("k") harganya tergantung pada tempat dimana muatan tersebut berada. Bila pengamatan dilakukan diruang hampa/udara maka; besar "k" dalam sistem SI adalah:
k= 9 x 109Nm2C-2 dan dalam satuan cgs; k= 1 dyne.cm2.stC-2
Harga pastinya :
$\small k=\frac{1}{4\pi \varepsilon _{o}}=9x10^{9}Nm^{2}C^{-2}$
dengan εo=8,85.10-12C2Nm2
εo = permitivitas udara atau ruang hampa.
Karena F adalah vektor, maka bila gaya resultan yang disebabkan beberapa titik muatan, penjumlahannya juga memenuhi aturan vektor.

ini link Soal-Jawab LISTRIK STATIS

Terimakasih telah mempelajari:" LISTRIK STATIS: GAYA LISTRIK (GAYA COULOMB) " Silahkan Pelajari Artikel kami berikutnya.....