SOAL DAN PENYELESAIAN KEMAGNETAN KELAS 9 SMP

Soal dan Penyelesaian Fisika - Magnet adalah benda yang mampu menarik benda – benda logam disekitarnya.

Kita sudah mempelajari MATERI KEMAGNETAN LENGKAP DAN PENGGUNAANNYA, juga sudah menyelesaikan SOAL MATERI KEMAGNETAN

Atas permintaan Pembaca yang budiman melalui halaman hubungi kami, maka kami tambahkan lagi beberapa soal kemagnetan dan penyelesaiannya.
SOAL DAN PENYELESAIAN KEMAGNETAN KELAS 9 SMP
Soal 1. Sebuah penggaris terbuat dari plastik digosok dengan kain wool seperti gambar berikut!
SOAL DAN PENYELESAIAN KEMAGNETAN KELAS 9 SMP
Setelah digosok beberapa saat maka.... 
A. penggaris plastik bermuatan positif 
B. penggaris plastik bermuatan negatif 
C. kain wool bermuatan negatif 
D. penggaris plastik tidak bermuatan
Penyelesaian Fisika: B
Saat kita menggosok penggaris plastik dengan kain wool dengan, maka penggaris plastik akan menjadi bermuatan negatif, sementara kain wol akan bermuatan positif, akibat dari perpindahan elektron dari wol menuju penggaris ini.SOAL DAN PENYELESAIAN KEMAGNETAN KELAS 9 SMP
Soal 2. Perhatikan gambar pembuatan magnet berikut !SOAL DAN PENYELESAIAN KEMAGNETAN KELAS 9 SMP
Kutub–kutub magnet pada ujung-ujung besi adalah...
A. 1 = U, 4 = U, 6 = S
B. 1 = U, 4 = S, 6 = S
C. 1 = S, 4 = U, 6 = U
D. 1 = S, 4 = U, 6 = S
Penyelesaian Fisika: B
Magnet selalu memiliki dua kutub yaitu: kutub Utara (N) dan kutub Selatan (S). Untuk mengetahui arah kutub, kita dapat menggunakan kaidah tangan kanan. 

Posisikan tangan kanan sehingga empat jari (selain ibu jari) mengikuti arah arus listrik yang telah ditentukan sebelumnya, seperti gambar di bawah.
SOAL DAN PENYELESAIAN KEMAGNETAN KELAS 9 SMP
Arah yang ditunjuk ibu jari adalah arah Utara.
Berdasarkan cara di atas, maka dapat kita gambarkan menjadi:SOAL DAN PENYELESAIAN KEMAGNETAN KELAS 9 SMP
Soal 3. Perhatikan gambar berikut !SOAL DAN PENYELESAIAN KEMAGNETAN KELAS 9 SMP
Kutub-kutub yang terjadi pada X, Y, dan Z berturut-turut adalah...
A. Kutub utara, kutub utara, kutub selatan
B. Kutub utara, kutub selatan, kutub utara
C. Kutub selatan, kutub selatan, kutub selatan
D. Kutub selatan, kutub utara, kutub utara
Penyelesaian Fisika: D
Seperti cara nomor 1;
SOAL DAN PENYELESAIAN KEMAGNETAN KELAS 9 SMP
Soal 4. Perhatikan gambar berikut !
SOAL DAN PENYELESAIAN KEMAGNETAN KELAS 9 SMP
Batang besi menjadi magnet dengan kutub utara di A dan kutub selatan di B akibat disentuhkan batang baja PQ yang telah dijadikan magnet secara induksi. Gambar yang benar cara pembuatan magnet sehingga menghasilkan magnet PQ adalah...SOAL DAN PENYELESAIAN KEMAGNETAN KELAS 9 SMP
Penyelesaian Fisika: C
Membuat magnet dengan cara induksi yaitu dengan mendekatkan atau menempelkan suatu benda dengan magnet sehingga benda tersebut berubah menjadi magnet. Benda magnetis yang didekatkan dengan magnet akan berubah sifatnya menjadi magnet namun sifatnya hanya sementara.SOAL DAN PENYELESAIAN KEMAGNETAN KELAS 9 SMP
Soal 5. Perhatikan gambar berikut !
SOAL DAN PENYELESAIAN KEMAGNETAN KELAS 9 SMP
Batang besi A-B terbentuk menjadi magnet dengan kutub utara di titik B dan kutub selatan di titik A akibat disentuh batang baja PQ yang telah dijadikan magnet dengan gosokan. Gambar yang benar cara pembuatan magnet sehingga menghasilkan magnet PQ adalah...
SOAL DAN PENYELESAIAN KEMAGNETAN KELAS 9 SMP
Penyelesaian Fisika: D
Berdasarkan gambar soal, B (kutub Utara) menolak P, berarti P juga kutub Utara. Cara yang benar adalah gambar D. Perhatikan animasi berikut;SOAL DAN PENYELESAIAN KEMAGNETAN KELAS 9 SMP

Soal 6. Lihat gambar!
SOAL DAN PENYELESAIAN KEMAGNETAN KELAS 9 SMP
Kutub-kutub logam A,B,C dan D terinduksi oleh kutub-kutub magnet adalah...
A. U-S-U-S
B. S-U-S-U
C. U-S-S-U
D. U-U-S-S
Penyelesaian Fisika: BSOAL DAN PENYELESAIAN KEMAGNETAN KELAS 9 SMP
Soal 7. Perhatikan gambar diagram transformator berikut!SOAL DAN PENYELESAIAN KEMAGNETAN KELAS 9 SMP
Jika transformator tersebut bersifat ideal, maka kuat arus pada kumparan primer adalah...
A. 0,5 A
B. 1,0 A
C. 2,5 A
D. 4,0 A
Penyelesaian Fisika: B
transformator bersifat ideal; \begin{align*} \frac{i_p}{i_s}&=\frac{N_s}{N_p}\\\frac{i_p}{2}&=\frac{500}{1000}\\i_s&=1A\end{align*}
Soal 8. Perhatikan gambar trafo berikut!
SOAL DAN PENYELESAIAN KEMAGNETAN KELAS 9 SMP
Berdasarkan data pada gambar, tegangan sekunder trafo tersebut adalah...
A. 110 volt
B. 330 volt
C. 220 volt
D. 440 volt
Penyelesaian Fisika: A
\begin{align*} \frac{v_s}{v_p}&=\frac{N_s}{N_p}\\\frac{v_s}{220}&=\frac{500}{1000}\\v_s&=110V\end{align*}
Soal 9. Perhatikan gambar: 
SOAL DAN PENYELESAIAN KEMAGNETAN KELAS 9 SMP
Jika jumlah lilitan primernya 800 lilitan, jumlah lilitan sekundernya adalah...
A. 3.200 lilitan
B. 1200 lilitan
C. 400 lilitan
D. 200 lilitan
Penyelesaian Fisika: D
\begin{align*} \frac{v_s}{v_p}&=\frac{N_s}{N_p}\\\frac{55}{220}&=\frac{N_p}{800}\\N_p&=200\end{align*}
Soal 10. Perhatikan gambar:
 SOAL DAN PENYELESAIAN KEMAGNETAN KELAS 9 SMP
Jika transformator bersifat ideal, besar arus sekunder dan tegangan primer secara berturut-turut adalah….
A. Is = 0,67 A dan Vp = 3 volt
B. Is = 0,67 A dan Vp = 4 volt
C. Is = 0,067 A dan Vp = 4 volt
D. Is = 0,067 A dan Vp = 3 volt
Penyelesaian Fisika: C
transformator bersifat ideal;\begin{align*} \frac{i_s}{i_p}&=\frac{N_p}{N_s}\\\frac{i_s}{0,2}&=\frac{400}{1200}\\i_s&=0,067A\end{align*}\begin{align*} \frac{v_s}{v_p}&=\frac{N_s}{N_p}\\\frac{12}{v_p}&=\frac{1200}{400}\\v_p&=4V\end{align*}
Soal 11. Perhatikan gambar:
SOAL DAN PENYELESAIAN KEMAGNETAN KELAS 9 SMP
Jenis kutub K dan L yang dihasilkan sesuai percobaan tersebut adalah….
A. Utara – Selatan, bersifat sementara
B. Utara – Selatan, bersifat permanen
C. Selatan – Utara, bersifat permanen
D. Selatan – Utara, bersifat sementara
Penyelesaian Fisika: D