INI DIA 18 CABANG ILMU FISIKA DAN PENJELASANNYA

Soal dan Penyelesaian Fisika - Fisika adalah ilmu mengenai alam, yang mempelajari unsur-unsur dasar pembentuk alam semesta, gaya-gaya yang bekerja di dalamnya, dan akibat-akibatnya.

Fisika klasik: Fisika klasik adalah ilmu fisika yang mempelajari perilaku materi dan energi pada skala dengan kondisi; terutama kecepatan yang "normal".

Fisika modern adalah ilmu Fisika yang mempelajari perilaku materi dan energi pada skala atom dan partikel-partikel subatom atau gelombang untuk pendekatan yang lebih "super" kondisi yang SUPER besar atau SUPER kecil
BEBERAPA CABANG-CABANG ILMU FISIKA
BEBERAPA CABANG-CABANG ILMU FISIKA

  1. Astronomi: Astronomi adalah cabang Fisika yang mempelajari perbintangan dan benda-benda angkasa, seperti Matahari, Bulan, bintang, planet, komet, gas, galaksi, gas, debu, segala objek dan fenomena lainnya yang berlangsung di luar Bumi.

  2. Fisika Akustik: Fisika akustik adalah cabang Fisika yang mempelajari gelombang bunyi dan penerapannya, yang sangat berkaitan dengan gelombang mekanik dalam gas, zat cair, dan padat termasuk getaran, USG, suara, dan infrasonik.

  3. Mekanika: Mekanika adalah satu cabang fisika yang mempelajari tentang gerak. Mekanika klasik terbagi atas 2 bagian yakni Kinematika dan Dinamika.
    • kinematika: kinematika adalah cabang fisika mekanika klasik yang membahas gerak benda dan sistem benda tanpa mempersoalkan gaya penyebab gerakan.
    • dinamika:dinamika adalah cabang dari ilmu fisika mekanika klasik yang mempelajari gaya dan torsi dan efeknya pada gerak.

  4. Mekanika kuantum: Mekanika kuantum adalah cabang dasar fisika yang menggantikan mekanika klasik pada tatanan atom dan sub atom.
  5. Mekanika Fluida: Mekanika Fluida adalah cabang dari ilmu fisika yang mempelajari mengenai zat fluida (cair, gas dan padat) dan gaya yang bekerja pada benda.

  6. Fisika Listrik dan Magnet (Elektronika): Fisika Listrik dan Magnet (Elektronika) cabang fisika yang mempelajari elektron atau partikel yang bermuatan listrik dan magnet. Yang berkaitan dengan Fisika Listrik dan Magnet mencakup:

    • Elektronika: Elektronika adalah cabang Fisika yang mempelajari pemancaran, perilaku, serta dampak elektron atau partikel bermuatan.
    • Elektrostatis: Elektrostatis adalah cabang Fisika yang mempelajari listrik statis.
    • Elektrodinamis: Elektrodinamis adalah cabang Fisika yang mempelajari listrik dinamis.
    • Bioelektromagnetik: Bioelektromagnetik adalah cabang Fisika yang mempelajari fenomena listrik dengan magnetik yang muncul pada jaringan makhluk hidup.

  7. Fisika Termodinamika: Termodinamika adalah cabang Fisika yang berhubungan dengan sifat termal. Sifat termal akan memengaruhi perubahan energi, perubahan keadaan, maupun keseimbangan antar partikel sehingga membentuk gas, zat cair, atau zat padat.

  8. Fisika inti: Fisika inti adalah cabang Fisika yang mempelajari bagian-bagian inti atom.
  9. Fisika Gelombang: Fisika Gelombang adalah cabang ilmu fisika yang mempelajari tentang gelombang

  10. Fisika Optik (Geometri): Optika atau Optik Geometri adalah cabang fisika yang menggambarkan perilaku dan sifat cahaya dan interaksi cahaya dengan materi.

  11. Fisika Kedokteran (Fisika Medis): Fisika Medis adalah cabang Fisika yang mempelajari penerapan fisika di bidang kesehatan, di antaranya:
    • Biomekanika meliputi gaya dan hukum fluida dalam tubuh
    • Bioakuistik (bunyi dan efeknya pada sel hidup/manusia)
    • Biooptik (mata dan penggunaan alat-alat optik)
    • Biolistrik (sistem listrik pada sel hidup terutama pada jantung manusia)

  12. Fisika Radiasi: Fisika Radiasi adalah cabang ilmu fisika yang mempelajari setiap proses di mana energi bergerak melalui media atau melalui ruang, dan akhirnya diserap oleh benda lain.

  13. Fisika Zat Padat: Fisika zat padat adalah cabang Fisika yang mempelajari struktur zat padat.
  14. Fisika nuklir: Fisika nuklir adalah cabang Fisika yang mempelajari mengenai inti atom, serta perubahan-perubahan pada inti atom. Dalam fisika nuklir, sebuah reaksi nuklir adalah sebuah proses di mana dua nuklei atau partikel nuklir bertubrukan, untuk memproduksi hasil yang berbeda dari produk awal.

  15. Fisika Lingkungan: Fisika Lingkungan adalah cabang ilmu fisika yang mempelajari kaitan fenomena fisika dengan lingkungan. Beberapa di antaranya antara lain :
    • Fisika Tanah dalam/Bumi, Fisika Tanah Permukaan
    • Fisika udara, Hidrologi, Fisika gempa (seismografi fisika)
    • Fisika laut (oseanografi fisika), Meteorologi, Fisika Awan, Fisika Atmosfer

  16. Geofisika: Geofisika adalah cabang ilmu fisika bumi yang mempelajari bumi menggunakan kaidah atau prinsip-prinsip fisika, termasuk meteorologi, elektrisitas atmosferis dan fisika ionosfer.
  17. Ekonofisika yang merupakan aplikasi fisika dalam bidang ekonomi

  18. Fisika Komputasi: Fisika Komputasi adalah solusi persamaan-persamaan Fisika- Matematik dengan menggabungkan ilmu fisika, analisis numerik, dan pemrogaman komputer, dalam mengolah data-data eksperimen yang besar dan tidak linier, dalam bentuk program komputer.