Gunakan data diagram berikut untuk menjawab soal nomor 1 s.d 3!
Dini mendata banyak saudara kandung dari teman-teman sekelasnya. Hasil yang diperoleh disajikan dalam diagram dibawah ini:
01. Banyak siswa yang mempunyai saudara kandung 4 orang adalah....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
Pembahasan
Sumbu vertikal menyatakan frekuensi atau banyak siswa.
Sumbu horizontal menyatakan banyak saudara kandung.
Jadi Banyak siswa yang mempunyai saudara kandung 4 orang adalah 2 (B)
02. Teman-teman sekelas Dini yang paling banyak adalah yang mempunyai saudara sama dengan ...
Dini mendata banyak saudara kandung dari teman-teman sekelasnya. Hasil yang diperoleh disajikan dalam diagram dibawah ini:
01. Banyak siswa yang mempunyai saudara kandung 4 orang adalah....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
Pembahasan
Sumbu vertikal menyatakan frekuensi atau banyak siswa.
Sumbu horizontal menyatakan banyak saudara kandung.
Jadi Banyak siswa yang mempunyai saudara kandung 4 orang adalah 2 (B)
02. Teman-teman sekelas Dini yang paling banyak adalah yang mempunyai saudara sama dengan ...
A. 0
B. 1
C. 3
D. 4
E. 5
Pembahasan
Berarti menunjukkan banyak siswa terbanyak = frekuensi terbesar yaitu 14 dengan banyak saudara kandung 1 (B)
03. Banyak teman-teman Dini sekelas sama dengan ....
B. 1
C. 3
D. 4
E. 5
Pembahasan
Berarti menunjukkan banyak siswa terbanyak = frekuensi terbesar yaitu 14 dengan banyak saudara kandung 1 (B)
03. Banyak teman-teman Dini sekelas sama dengan ....
A. 33
B. 34
C. 35
D. 36
E. 37
Pembahasan
Banyak siswa = jumlah total frekuensi
Banyak siswa = 4 + 14 + 9 + 5 + 2 + 1 = 35(C)
Gunakan data pada diagram berikut untuk menjawab soal nomor 4 s.d 6
Hasil ujian dari dua kelas yang berbeda disajikan pada diagram berikut ini:
04. Banyak siswa dikelas B yang mendapat nilai 10 sama dengan...
A. 0
B. 1
C. 2
D. 3
E. 4
Pembahasan
Sumbu vertikal menyatakan frekuensi = banyak siswa
Sumbu horizontal menyatakan nilai yang diperoleh siswa.
Diagram berwarna biru menyatakan kelas A dan diagram merah menyatakan kelas B
Jadi banyak siswa kelas B yang mendapat nilai 10 = 0(A)
05.Jumlah siswa di kelas A dan di kelas B sama dengan...
B. 34
C. 35
D. 36
E. 37
Pembahasan
Banyak siswa = jumlah total frekuensi
Banyak siswa = 4 + 14 + 9 + 5 + 2 + 1 = 35(C)
Gunakan data pada diagram berikut untuk menjawab soal nomor 4 s.d 6
Hasil ujian dari dua kelas yang berbeda disajikan pada diagram berikut ini:
04. Banyak siswa dikelas B yang mendapat nilai 10 sama dengan...
A. 0
B. 1
C. 2
D. 3
E. 4
Pembahasan
Sumbu vertikal menyatakan frekuensi = banyak siswa
Sumbu horizontal menyatakan nilai yang diperoleh siswa.
Diagram berwarna biru menyatakan kelas A dan diagram merah menyatakan kelas B
Jadi banyak siswa kelas B yang mendapat nilai 10 = 0(A)
05.Jumlah siswa di kelas A dan di kelas B sama dengan...
A. 45
B. 46
C. 47
D. 48
E. 49
Pembahasan
Banyak siswa kelas A dan B = frekuensi kelas A + frekuensi kelas B
Banyak siswa = 3 + 5 + 4 + 3 + 5 + 6 + 4 + 1 + 6 + 4 + 2 + 2 + 2 = 47(C)
06. Siswa di kelas A paling banyak mendapat nilai....
B. 46
C. 47
D. 48
E. 49
Pembahasan
Banyak siswa kelas A dan B = frekuensi kelas A + frekuensi kelas B
Banyak siswa = 3 + 5 + 4 + 3 + 5 + 6 + 4 + 1 + 6 + 4 + 2 + 2 + 2 = 47(C)
06. Siswa di kelas A paling banyak mendapat nilai....
A. 4
B. 5
C. 6
D. 7
E. 8
Pembahasan
Siswa di kelas A paling banyak mendapat nilai 6 dengan frekuensi 6 (C)
B. 5
C. 6
D. 7
E. 8
Pembahasan
Siswa di kelas A paling banyak mendapat nilai 6 dengan frekuensi 6 (C)