SOAL DAN PENYELESAIAN PENERAPAN HUKUM NEWTON (lanjutan)

Soal Dan Penyelesaian Fisika SMA - Contoh Soal Dinamika Gerak Lurus atau Contoh Soal Hukum Newton Beserta Penyelesaian lengkap.
baca juga:

D. Bidang Miring - Vertikal


5. Dua buah benda diikat dengan tali kemudian diletakan pada katrol yang dianggap licin artinya tali pada katrol hanya menggeser tidak memutar katrol. Keadaan benda pertama tergantung dan benda kedua berada pada bidang miring licin seperti pada gambar di bawah ini. Benda pertama bermassa 2 Kg dan benda kedua bermassa 3 Kg. Tentukan :
a. Besar percepatan
b. Besar tegangan tali
SOAL DAN PENYELESAIAN PENERAPAN HUKUM NEWTON MEKANIKA GERAK
Jawaban Fisika Pak Dimpun:
Langkah yang sama seperti soal-soal sebelumnya harus kita lakukan adalah menggambar gaya-gaya yang bekerja pada benda untuk mempermudah analisa gerak. Di sini kita harus sudah pandai menggambarkan gaya-gaya dan komponen terutama pada bidang miring seperti pada gambar di bawah ini.
SOAL DAN PENYELESAIAN PENERAPAN HUKUM NEWTON MEKANIKA GERAK
a. Percepatan kedua benda\[\\a=\frac{\Sigma F}{m}\\a=\frac{W_1-W_2\sin \theta}{m_1+m_2}\\a=\frac{(m_1-m_2\sin \theta )g}{m_1+m_2}\\a=\frac{(2-3\sin 37^o )10}{2+3}\\a=\frac{(2-3(0,6) )10}{5}\\a=\frac{2}{5}=0,4ms^{-2}\]b. Tegangan tali yang menghubungkan kedua benda: \[\\T=m_1g-m_1a\\T=2(10)-2(0,4)\\T=19,2N\]

E. Bidang Vertikal (Lift)


5. Seseorang bermassa 60 Kg berada dalam sebuah lift yang sedang bergerak dengan percepatan 1. Tentukanlah besar desakan kaki orang pada lantai lift (gaya normal orang dalam lift), ketika lift sedang bergerak ke bawah dan ketika lift sedang bergerak ke atas.
Jawaban Fisika Pak Dimpun:
\[\\T=m(g\pm a)\\ +:\textrm{naik}\\-:\textrm{turun}\]Gaya normal ketika lift sedang bergerak ke bawah
\[\\T=m(g\pm a) \\T=60(10-1) \\T=60(9)=540N\]Gaya normal ketika lift sedang bergerak ke atas
\[\\T=m(g\pm a) \\T=60(10+1) \\T=60(11)=660N\]

6. Jojo bermassa 50 kg berada di dalam sebuah lift yang sedang bergerak ke atas dengan percepatan 2 m/s2. Jika percepatan gravitasi bumi (g) = 10 m/s2, berapakah gaya tekan kaki Jojo pada lantai lift?
Jawaban Fisika Pak Dimpun:
Dengan menggunakan persamaan (2), diperoleh
\[\\T = m(g + a)
\\T = 50(10 + 2)
\\T = 50(12)
\\T = 600 N\]kembali ke:
SOAL DAN PENYELESAIAN PENERAPAN HUKUM NEWTON (1)