Cara Cepat Fisika SMA dan SMP

LISTRIK STATIS: Medan Listrik

MEDAN LISTRIK

LISTRIK STATIS: Medan ListrikCara Mudah Belajar Fisika: Medan Listrik adalah ruang di sekitar benda bermuatan listrik dimana benda-benda bermuatan listrik lainnya dalam ruang ini akan merasakan atau mengalami gaya listrik. 

Arah Medan Listrik

Medan Listrik dapat kita gambarkan dengan garis-garis khayal yang dinamakan garis-garis medan (atau garis-garis gaya listrik), garis-garis medan radial keluar menjauhi muatan positif dan radial kedalam mendekati muatan negatip
LISTRIK STATIS: Medan Listrik
  • Untuk Muatan Uji Positip ( bila tidak diberitahukan, maka muatan uji adalah positip): Medan listrik menjauhi (meninggalkan) muatan Positip dan mendekati (menuju) muatan negatip.
  • Untuk Muatan Uji Negatip ( harus diberitahukanbila muatan uji adalah negatip): Medan listrik menjauhi (meninggalkan) muatan negatip dan mendekati (menuju) muatan positip.
Kuat Medan Listrik adalah besaran yang menyatakan gaya Coloumb per satuan muatan di suatu titik, Secara matematik kuat Medan Listrik dirumuskan :\[E=\frac{F}{q}=k\frac{Q}{R^{2}}\] dengan :
    E = kuat medan listrik (N/C)
    q = muatan uji (C)
    Q = muatan sumber (C)
    r = jarak muatan uji trhadap muatan sumber (m)
    k = konstanta = $9×10^{9} Nm^{2}/C^{2}$
    $ε_{o}$ = permitivitas listrik vakum = $8,85.10^{-12} C^{2}/Nm^{2}$

Bola BermuatanLISTRIK STATIS: Medan Listrik 

Misalkan diambil sebuah bola terbuat dari bahan isolator dengan jari-jari R. Bola ini mempunyai muatan yang tersebar merata di dalam bola isolator tersebut. Kemudian, bagaimana menghitung kuat medan listrik di dalam dan di luar bola.
Letak titik (r) 
Jika jejari bola R
Besar Medan Listrik
Di A, DALAM bola (r<R)
\[\small E=k\frac{Q}{r^{2}}= 0\]
Di B, KULIT bola (r<R)
\[\small E=k\frac{Q}{R^{2}}\]
Di C, LUAR bola (r<R)
\[\small E=k\frac{Q}{r^{2}}\]

Terimakasih telah mempelajari:" LISTRIK STATIS: Medan Listrik " Silahkan Pelajari Artikel kami berikutnya.....

POST TERBARU